PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ø Pengertian Desain Pemodelan Grafis
Sebelum
mengetahui apa itu membahas Desain Pemodelan Grafik? Kita terlebih dahulu
mengetahu apa itu desain grafik,desain grafik adalah salah satu bentuk seni
lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer
(perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti
ilustrasi dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan
dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Dan pemodelan itu sendiri adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut
sehingga terlihat seperti hidup.dan dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan
grafis adalah merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan
menciptakan obyek baru dan berbagai pencapaian kreatif lainnya dan pada proses
ini semua dilakukan dengan komputer yang dibantu pula dengan beberapa software
atau aplikasi yang dapat menunjang pembuatan objek tersebut agar dapat terlihat
nyata yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan, penyimpanan, dan
manipulasi model dan citra.
Ø Sejarah Perkembangan Desain Pemodelan Grafis
Desain
Pemodelan grafis dalam perkembangannya disebut dengan CG,dimana dapat
berinteraksi dengan mudah antara manusia dengan komputer. Perkembangan komputer
grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi diindustri
seperti dibidang animasi dan video game.Adapun istilah komputer grafik banyak
digunakan pada beberapa hal:
a.Representasi dan
manipulasi data citra oleh komputer.
b.Berbagai
teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar.
c.Pada gambar yang
dihasilkan.
d.Sub-bidang ilmu
komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual
Saat ini, komputer
grafis mengahasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek
kehidupan kita sehari-hari.Contohnya daoat ditemukan di televisi, di koran,
film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca
atau dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan,serta
tugas-tugas makalah.Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat
lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis atau CG.Perangkat-perankat
lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi antara lain : untuk 2D, 3D, dan
animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah
perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer
grafis 2D. Oleh karena itu Komputer
Grafis telah muncul sebagai sub-bidang
ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan
memanipulasi konten visual.
Dan Sejarah dari desain
pemodelan grafis itu sendiri adalah antara lain:
1.Awal tahun 60-an
dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
2.1961:Edward
Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi
Grafik Komputer
3.1963:Alat untuk
menampilkan Calligraphic (vector),Mouse oleh Douglas Englebert
4.1970:Pierre
B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
5.1972:ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi
komputer
6.1974:Ed Catmull
mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe
animation and morphing
7.1976:Jim Blinn
mengembangkan texture dan bump mapping
8.1977 Film
terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
9.Pertengahan tahun
70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai
main-stream aplikasi realtime
10.1982:Pengembangan teknologi grafik komputer untuk
menampilkan partikel
11.1984:Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan
model fisik pada film The Last Star Fighter
12.1986:Pertama kalinya Film hasil produksi grafik
komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
13.1995:Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney)
sebagai film 3D animasi panjang pertama
14.Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi
interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image
based rendering, path tracing, photon maps, dll.
15.Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras
untuk real-time photorealistic rendering.
B PERMASALAHAN DESAIN PEMODELAN GRAFIS
Kesimpulannya
adalah tentang pengertian desain pemodelan grafik.Hal-hal yang dapat saya
simpulkan adalah bahwasanya desain pemodelan grafik ialah pemakaian objek-objek
seperti kata,gambar dan dari segi teknologi desain pemodelan grafik ini
mempunyai 2 unsur, ada yang bitmap dan vector. Kalau vektor itu lebih
mementingkan ukuran pencetakan sedangkan bitmap lebih ke arah kekayaan warna,
tetapi dengan adanya konfersi bitmap ke vector atau sebaliknya menjadikan suatu
permasalahan yang dihadapi desainer menjadi terselesaikan.Dan juga permasalahan
yang sering ada pada desain pemodelan grafis adalah software yang
bagus,sederhana dan terjangkau.
Pada materi
kali permasalahan yang akan saya bahas adalah mengenai visualisasi atapun grafis dari sebuah gambar. Kualitas dari sebuah gambar yang diolah memiliki 2
type yaitu bitmap dan vektor.Untuk itu saya akan membahas Bitmap dan Vektor.
o Bitmap
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang
terdiri daei susunan titik yang tersimpan di memori computer. Bitmap merupakan
kategori grafik kaya warna dan tersusun dari pixel pixel yang kita sebut
sebagai resolusi. File gambar dengan resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran
file yang jauh leih besar juga. Bitmap sangat tergantung pada besaran resolusi.
Semakin besar resolusi suaru gambar bitmap maka semakin baik kualitas dan
ukuran filenya. Perbedaannya dengan gambar vector adalah, pada bitmap apabila
gambar di perbesar maka kualitas gambar nya akan pecah. Hal ni dikarenakan
bitmap terbentuk dari pixel pixel yang memiliki warna tertentu. Semakin banyak
jumlah dalam suatu gambar maka gamabar yang dihasilkan akan semakin bagus.
Beebrapa teknologi yang menggunakan prinsip bitmap adalah salah satunya
pencetakan foto digital. Sebagai contoh kita gunakan salah satu aplikasi grafis
bitmap seperti Adobe Photoshop. Pada Adobe Phtoshop kita dapat mengedit photo
sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengatur brightness atau pun darkness
pada foto yang kita edit sehingga hasilnya dapat sesuai dengan keinginan kita.
Selain itu juga kita bisa memperhalus gambar agar semakin indah dilihat. Itulah
salah satu keunggulan teknologi Bitmap. Contoh lain dari aplikasi bitmap adalah
Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks dan lain sebagainya. Semua program
tersebut menawarkan kemudahahn dan kelengkapan fiturnya.Adapun Kelebiahan dan
Kekurangannya antara lain:
§
Kelebihan Grafis
Bitmap
- Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat
membuat objek tampil sesuai keinginan.
- Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek
gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan
§
Kelemahan Grafis
Bitmap
- Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika
diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
- Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni
akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang
lebih rendah
o Vektor
Vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan
kurva yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan
membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka
gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan gambar vector
menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah obyek,sehingga gambar tidak
akan pecah biarpun diperbesar atau diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar
berdasarkan perhitungan koordinar geometris gamabar tersebut.Tampilan gambar
vector walaupun bersifat relative lebih kaku dari pada tampilan birmap akan
tetapi kaulitasnya tidak bergantung pada resolusi gambar.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah
salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program
program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan
pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam
dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat
yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi
vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin
cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut. .Adapun Kelebiahan
dan Kekurangannya antara lain:
§
Kelebihan Grafis
Vektor
- Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
- Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
- Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda.
- Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
§
Kekurangan Grafis
Vektor
- Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
Itulah permasalahan yang terdapat
didalam desain pemodelan grafis dan permasalahan yang sering dihadapi oleh
pengguna desain pemodelan grafis itu sendiri adalah software apa saja yang digunakan untuk merepresentasikan desain
pemodelan grafis? Untuk mendukung dalam pengunnan desain pemodelan grafis
harus dibutuhkan objek untuk menampilkan hasil desainnya yang berupa grafis
atau gambar,untuk itu para pengguna harus mempunyai sebuah aplikasi atau
software yang mendukung hasil dari desainnya,yang menjadi masalahnya adalah
software-software yang ada khususnya software mengenai desain sangat mahal
harganya dan terutama adalah para desainer grafis susah untuk mencari software
mana yang tepat dan bagus untuk digunakan.Adapun contoh software-software yang
sering digunakan dalam bidaln desain grafis antara lain:
-
Desktop
publishing
-
Adobe
Photoshop
-
Adobe
Illustrator
-
Adobe
Indesign
-
Page
Maker
-
Coreldraw
-
GIMP
-
Inkscape
-
Adobe
Freehand
-
Adobe
image ready
-
CorelDraw
-
Webdesign
-
Macromedia
Dreamweaver
-
Microsoft
Frontpage
-
Notepad
-
Audiovisual
-
Adobe
After Effect
-
Adobe
Premier
-
Dan
Lain-Lain
Kesimpulan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar